SHARE

Hari Pers Nasional atau biasanya disebut HPN pada setiap tanggal 9 Februari ini didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985 loh. Keputusan Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985 itu menyebutkan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

Konon katanya sebelum pemutusan, Hari Pers Nasional dijadikan sebagai salah satu keputusan utama Kongres ke-28 Persatuan Wartawan (PWI) di Padang, Sumatera Barat, pada 1978. Nah dari kesepakatan tersebut, keputusan ini nggak lepas dari kehendak masyarakat pers menetapkan dimana satu hari bersejarah memperingati peran dan keberadaan pers secara nasional. Wah keren kan!

Baca sejarahnya lebih lanjut: Pikiran Rakyat

Nah di dunia Jurnalistik, Ada beberapa wartawan yang terkenal karena kegigihan dan ke uletan mereka dalam mencari, mendapatkan, dan menggali suatu informasi penting untuk disampaikan ke khalayak umum. Mereka bekerja keras dan nggak pernah putus asa mencari berita meskipun dengan situasi bahaya terjadi dan menyangkut nyawa mereka. Mereka yang berani berjuang merupakan tokoh besar di balik perkembangan pers di Indonesia. Karenanya, penghargaan tertinggi patut diberikan kepada mereka dan seluruh wartawan pers Indonesia. Berikut 25 foto tokoh wartawan handal di Indonesia untuk menyambut Hari Pers Nasional!

1. Dahlah Iskan

2. Tirto Adhi Soerjo

3. Jacob Utama

4. Desi Anwar

5. Djawoto

6. Goenawan Soesatyo Mohamad

7. Karni Ilyas

8. Mochtar Lubis

9. Parada Harahap

10. Rumhardjono

11. Sabam Pandapotan Siagian

12. Titi Sahid

13. Rosihan Anwar

14. Najwa Sihab

15. Adam Malik Batubara

Adam Malik Wakil Presiden RI

16. Prof Dr. Andi Abdul Muis

17. Atang Ruswita

18. Muhammad Jusuf Ronodipuro

19. Lazarus Eduard Manuhua

20. Liem Koen Hian

21. Harmoko

22. SK Trimurti

23. Adinegoro

24. P.K Ojong

25. Ani Idrus

 

Comments

comments