SHARE

Berlibur ke suatu daerah tertentu rasanya kurang sempurna jika tidak mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Seperti Sumatera Utara yang terkenal dengan Danau Tobanya, banyak sekali makanan khas disana. Namun, ada yang unik dari makanan khas masyarakat pesisir Danau Toba, yaitu Naniura, yang merupakan kudapan eksotis yang disajikan tanpa dimasak. Ikan yang digunakan sebagai bahan utama ini disebut ikan ‘ihnan’ yang hanya ada di danau toba. Namun populasi ihnan sudah semakin sedikit, tidak jarang masyarakat menggantinya dengan ikan yang lain seperti ikan mas.

Related image

Sumber: vebma.com

Naniura merupakan ikan yang dihidangkan tanpa dimasak. Sama seperti sashimi kudapan khas dari negeri sakura. Naniura dan sashimi merupakan hidangan yang berasal dari daging mentah. Jika sashimi dapat disantap begitu saja dengan kecap asin atau wasabi, berbeda dengan Naniura yang dihidangkan dengan bumbu khas yang dapat menghilangkan bau amisnya. Bahan-bahan untuk bumbunya ialah kunyit, bawang merah dan putih, lengkuas, jeruk, andaliman, kemiri dll. Bumbu tersebut kemudian dihaluskan sebagai rendaman untuk hidangan Naniura ini. ­­­­­­­­­

Related image

Sumber: resepnusantara.id

Sajian Naniura ini juga bayak dikeketahui sebagai kudapan untuk para Raja Batak. Hal ini dikarenakan legenda dari asal muasal ikan ihan itu sendiri. Ikan ihnan ini dipercayai sebagai penjaga atau prajurit dari Ratu yang ada didalam Legenda terbentuknya Danau Toba. Dimana ada seekor ikan ajaib yang berubah menjadi seorang wanita dan menikahi seorang manusia yaitu salah seorang warga Toba dan pada akhirnya sakit hati karena suaminya menyebut anak mereka sebagai anak ikan.

Comments

comments