SHARE

Melihat pemandangan ribuan tikus yang berkeliaran disekeliling mu rasanya bukan merupakan hal yang menarik bahkan cenderung menjijikan. Tikus dikenal sebagai hama sumber penyakit karena hewan ini hidup ditempat kotor dan lembab. Tapi bagaimana jika kamu mengetahui bahwa tikus merupakan tourist attraction pada suatu tempat? Di India ada ribuan tikus yang hidup dan berkeliaran dengan tenang di suatu Kuil yang bernama Karni Mata. Di kuil ini tikus dianggap hewan yang sakral dan suci.  Kuil yang merupakan tempat suci suci yang sangat terkenal yang didedikasikan untuk Dewi Karni, reinkarnasi Maa Durga (Godess), terletak di kota kecil Deshnoke, 30 km jauh dari Bikaner di Rajasthan, kuil ini adalah rumah yang nyaman bagi lebih dari 20.000 tikus.

Image result for karni mata temple

Tikus-tikus ini bisa dilihat di setiap sisi kuil, ada yang sedang makan, berlarian atau yang bersantai di sudut jalan. Pengunjung bisa mendengar, menyentuh, bisa berjalan dan bahkan makan dengan tikus di sini. Kuil yang didedikasikan untuk Dewi Karni, reinkarnasi Maa Durga, dibangun oleh Maharaja Gangga Singh dari Bikaner. Dibangun di marmer, sepasang pintu perak yang menakjubkan menghiasi pintu masuk ke kuil utama Dewi yang menyumbangkan Maharaja Gaj Singh saat berkunjung ke kuil tersebut. Candi dibuka pukul 4 pagi. Sebuah festival juga dirayakan dua kali setahun yang didedikasikan untuk Dewi Karni bersama dengan sebuah grand fair. Yang pertama dari bulan Maret-April selama Navratras dan yang kedua September-Oktober juga selama Navratras.

Image result for karni mata temple

Jika berkunjung kesini dan ada tikus yang berjalan melintasi kaki pengunjung, maka dipercaya kebaikan akan datang. Ada juga yang percaya sisa makanan yang telah dimakan oleh tikus-tikus ini adalah makanan suci. Kebalikannya jika ada seseorang yang membunuh tikus-tikus tersebut maka harus menggantinya dengan berhala yang berlapis emas atau perak.

Comments

comments