SHARE

Trekking adalah hobbi para pecinta alam mendaki gunung ke puncaknya. Dengan kondisi alam yang lumayan terjal, dan susahnya aksesibilitas ke kebanyakan gunung memang hobbi ini hanya dinikmati para pecinta alam yang fit, atletis dan sehat, dan itupun dengan banyak persiapan. Buat yang masih pemula ada baiknya mencoba gunung-gunung yang lebih cocok bagi pemula.

1. Gunung Batur, Bali

DCID 5 gunung pemula
Photo By InterfaceLift.com

Gunung menakjubkan di tengah danau Batur ini memang perlu sebuah guide, tapi sebenarnya jalan keatas gunung ini tergolong sangat gampang dan bisa dilakukan dalam dua jam bagi yang sudah berpengalaman trekking. Nah buat pemula mungkin perlu waktu lebih dan berjalan selama tiga jam mungkin sesuatu yang kebanyakan orang belum siap untuk melakukan, tetapi dengan pemandangan yang menakjubkan apalagi kalau melakukan sunrise trekking dan menyaksikan matahari terbit dari ujung laut. Trek terjal digabungkan dengan jalanan yang terbuat dari tanah liat di bawah dan jalan batu kerikil di dekat puncak membuat trek ini menantang dan merupakan ajang perkenalan trekking.

2. Gunung Papandayan Garut

DCID 2 Gunung Pemula
Photo By IndonesiaKaya.com

Gunung berkawah besar ini adalah gunung favorit pendaki yang tinggal di Garut dan sekitarnya, dengan akses transportasi umum yang mudah dan banyak membuat akses ke gunung ini sangat gampang. Yang ingin melihat padang bunga Edelweiss yang dikenal dengan nama  dan juga hutan mati yang kena dampak gunung berapi. Hutan mati ini memang sangat populer menjadi photo-spot Instagram dan selfie sebelum menemui kawah banyak di gunung ini antara lain Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nanglak dan juga Kawah Manuk. Dengan pendakian yang memakan waktu 405 jam tapi tidak terlalu terjal lumayan sangat refreshing tapi masih perlu fisik yang siap.

3. Gunung Andong

DCID 3 Gunung Pemula
Photo Via TripAdvisor.co.uk

Terletak di Magelang Gunung ini dilengkapi penuh dengan sejumlah papan petunjuk dan jalur yang gampang untuk diikuti. Dengan ketinggian hanya 1,463 meter waktu perjalanan hanya memerlukan hanya dua jam untuk sampai keatas dan bisa juga camping di tempat ini dibawah cahaya bintang-bintang yang tentunya menjadi sesuatu yang tidak bisa dilupakan.

 

4.Gunung Nglanggeran

DCID 4 Gunung Pemula
Photo By MenujuJauh.com

Terletak di Daerah istimewa Yogyakarta, gunung ini tidak memakan waktu lama untuk mendaki tapi medan yang dijajal di gunung ini jauh lebih menantang karena jalan terjal dan berbagai lorong berbatu yang sempit. Tapi karena tingginya kurang dari 700 meter perjalanan yang susah bisa selesai dalam waktu yang cukup cepat dalam satu jam bisa sampai puncak, perjalanan sulit dan cepatnya mendaki gunung ini membuat gunung ini cocok buat pemula yang ingin menantang diri.

5. Gunung Merbabu

DCID 5 Gunung Pemula
Photo By ZonaLibur.com

Gunung yang terletak di Kabupaten Magelang, Salatiga, dan Boyolali di Jawa tengah ini terkenal akan pemandangan yang sangat indah. Untuk para pemula tersedia jalur Selo Boyolali yang lebih landai dan lebih penuh dengan pemandangan. Tapi walaupun landai waktu perjalanan untuk mencapai 8-9 jam, membuat para pendaki harus mendirikan tenda di Sabana 2 sebelum melanjutkan perjalanan pada jam 3 pagi untuk pergi ke puncak. Pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Lawu juga bisa dilihat ketika memanjat gunung ini. Yang perlu diingat adalah dinginnya puncak gunung ini karena ketinggian diatas 3,141 meter diatas laut, mungkin tidak terasa karena landainya mendaki ke puncak tapi karena ketinggiannya sangat terasa dingin maka sangat dianjurkan untuk membawa baju dan jacket tebal ketika mendaki.

Comments

comments