SHARE

Sumatera dikenal sebagai pulau ke-3 paling besar di Indonesia yang kaya dengan suku dari Batak, Minangkabau, Mentawai dan Nias. Besarnya pulau ini memberi kekayaan kultur yang sangat besar, dari budaya suku-suku yang tinggal di pegunungan Bukittinggi dan danau Toba hingga kepulauan Nias. Bedanya budaya daerah pegunungan dan kepulauan dan juga pengaruh dari adanya perdagangan antarbangsa membuat Sumatera mendapat banyak tradisi-tradisi unik seperti

1. Tabuik

DCID1 Tradisi Unik Sumatra
Photo By SumberPariaman

Tabuik adalah upacara Khas Sumatera Barat yang dilaksanakan untuk memperingati wafatnya Cucu Nabi Muhammad, Husein yang diperingati setiap tanggal 10 Muharram. Adanya upacara ini diperkenalkan oleh tentara Tamil Muslim dari India untuk menghormati keluarga Nabi Muhammad Saw.Upacara adat ini dilakukan di pantai dengan membawa Tabot yang terbuat dari bambu, rotan dan kertas. Acara dimeriahkan dengan balapan layang-layang, Lakon tadisional, dan tarian seperti tari piring.

2. Balimau

DCID2 Tradisi unik Sumatra
Photo By Pangkalan Potang Balimau

Balimau dilakukan menjelang datangnya bulan Ramadan, Balimau dilakukan untuk membersihkan diri yang membuatnya unik adalah penggunaan air jeruk limau atau jeruk nipis. Tradisi ini berkembang dari kalangan masyarakat Minangkabau dan dilakukan pada kawasan tertentu yang memiliki aliran sungai dan tempat pemandian.

3. Makan Bajamba

DCID3 Tradisi Unik Sumatra
Photo By Covesia

Makan Bajamba adalah upacara makan bersama dalam tradisi minangkabau. Makanan disajikan di tempat yang ditentukan dan masyarakat akan duduk bersama untuk menyantap hidangan bersama. Tradisi ini pernah mencatat rekor MURI dimana yang mengikuti makan Bajambra lebih dari 16 ribu orang. Tradisi ini biasanya dilaksanakan saat libur keagamaan atau ketika ada pesta adat dan pertemuan penting.

4. Lompat Batu Nias

DCID4 Tradisi Unik Sumatra
Photo By Indoexland

Lompat Batu adalah olah raga tradisi dari suku Nias. Tradisi ini merupakan bagian dari ritual latihan fisik di Indonesia. Dulunya yang berhasil melompati batu lebih dari 2 meter akan bergabung sebagai prajurit untuk berperang dan menikah. Oleh karena itu anak-anak lelaki berlatih dari umur 10 tahun dan jika berhasil baru diakui dewasa di suku tersebut. Batu yang harus dilompati bentuknya seperti Piramida dengan ketinggian tidak lebih dari dua meter tentunya sangat susah dan bertujuan untuk melatih para prajurit untuk melompati tembok lawan.

5. Manongkal Holli

DCID5 Tradisi Unik Sumatra
Photo By BatakToday

Manongkal Holi adalah sebuah tradisi membongkar tulang-belulang dan menempatkannya di suatu tempat. Budaya ini berasal dari masyarakat Batak Toba yang sampai saat ini masih sering dilakukan, mereka menggali kembali kuburan leluhur mereka yang dikubur secara terpisah dan dikumpulkan. Kemudian Tulang belulang tersebut dicuci bersih dan dimasukkan ke dalam peti untuk dikubur kembali. Upacara adat ini dilakukan dengan keluarga besar dan diiringi dengan bunyi musik gondang, menari marnortor mengelilingi tiang borotan sebagai ungkapan sukacita. Ritual dikuburkannya tulang kembali juga diikuti dengan penegakkan tugu peringatan leluhur.

6. Sipaha Lima

DCID6 Tradisi Unik Sumatra
Photo By Negeriku Indonesia

Tradisi Sipaha Lima dilaksanakan dengan tiga serangkaian kegiatan yang memiliki peraturan yang wajib dipatuhi dan sudah menjadi tradisi turn temurun yang diwariskan oleh leluhur. Secara harfiah berarti sebiah perayaan besar di bulan kelima. Upacara Besar suku Batak ini dilakukan dengan pemberian sesajen yang diletakkan di beberapa lokasi tempat berjalannya upacara. Sesajen berupa jenis makanan khas suku Batak Toba termasuk ternak lembu yang akan disembelih. Rangkaian acara diikuti dengan penyampaian keluh kesah atau parasadatan dan acara penutup dikenal dengan istilah Panggorokan.

Comments

comments