SHARE
discovercity - suku - baduy - FI
photo by Tripsantai

Nah selama ini kamu pasti nggak tahu kalau ternyata di Banten punya daerah terpencil yang memiliki adat istiadat yang unik. Urang Kenekes adalah salah satu suku terpencil yang tinggal di wilayah Kabupaten Lebak-Kenekes, Banten.

Kalau kamu pernah mendengar kata suku Baduy, Urang Kenekes ini adalah salah satu sukunya. Urang kenekes dibilang punya dua kelompok gengs namanya Kenekes Dalam yang disebut “Tangtu” dan Kenekes Luar. Urang Kenekes Dalam adalah bagian dari orang-orang dari suku Kenekes asli. Beda dengan Kenekes Luar, mereka yang berada di Luar adalah Urang Kenekes yang katanya orang-orang kenekes yang nggak mematuhi peraturan adat istiadat dari Kenekes Dalam.Cara berkomunikasi mereka sangat unik. Mereka menggunakan bahasa Sunda yang dicampur dengan dialek Banten.

discovercity - suku - baduy- 1
Photo by Breaktime

Urang kenekes percaya bahwa mereka adalah keturunan dari Batara Cikal yaitu salah satu dewa yang diutus datang ke bumi. Mereka menanggapi bahwa keturunan ini diutus untuk menjaga harmoni dunia. Ajaran ini mereka menyebutnya sebagai ajaran Sunda Wiwitan, dimana para leluhur turun temurun menghormati kekuatan roh alam untuk melestarikan alamnya seperti merawat gunung, bukit. Hutan mata air.

Dilihat dari jumlah penduduknya, masyarakat baduy luar atau urang penamping punya kelompok besar berjumlah ribuan orang yang menempati puluhan kampung di bagian utara Kanekes seperti daerah kaduketuk, cikaju, gajeboh, kadukolot, Cisagu, dsb. Sementara di bagian selatan yang terletak di pedalaman hutan ditempati masyarakat Baduy dalam atau urang Dangka yang hanya berpenduduk ratusan jiwa serta tersebar di tiga daerah, yaitu kampong Cibeo, Cikeusik, dan Cikartawana.

Comments

comments