SHARE
Photo by Ghibboo

Nggak lengkap kalau berkunjung ke Aceh kamu nggak mampir ke tempat-tempat berserjarah. Mulai dari Masjid Baiturrahman yang dulunya sempat di landa Tsunami, Kota yang terkenal dengan pendidikan militer dan pengkajan ilmu yang berkembang ini ternyata menyimpan banyak peninggalannya zaman dulu. Nah daripada kamu penasran bangunan apa saja, yuk lihat 30 bangunan bersejerah di bawah ini:

1. Masjid Tua Indrapuri

img_5934

Masjid ini merupakan tempat penobatan Sultan Aceh yang terakhir, Tuanku Muhammad Daudsyah pada tahun 1978. Masjid ini juga digunakan sebgai benteng pertahanan melawan belanda pada masa Sultan Iskandar Muda. Mempunyai konstruksi yang sama dengan bangunan masjid Tuha lainnya di Indonesia yang membedakan masjid ini ialah, masjid ini berada tepat diatas bekas bangunan Candi.

Lokasi

2. Benteng Indrapatra

indra-patra-fortress-5

Ini adalah salah satu bangunan dari peninggalan kerjaan Hindu pertama di Aceh yang digunakan sebagai tempat peribadatan dan benteng pertahanan dari gempuran musuh.

Lokasi

3. Masjid Baiturrahman

Photo by Ghibboo
Photo by Ghibboo

Mesjid ini dulunya adalah Mesjid Kesultanan Aceh. Mesjid yang dibangun masa Kerajaan Sultan Iskandar Muda pada tahun 1022H/1612 M melalui agresi Belanda bulan Safar tahun 1290 H/April 1873 M Mesjid Raya Baiturrahman dibakar oleh tentara Belanda dan dibangun kembali oleh Belanda pada tahun 1299 H/1875 M.

Lokasi

4. Gunongan

Photo by Pujiono
Photo by Pujiono

Gunongan yaitu suatu bangunan yang dibangun oleh Sulthan Iskandar Muda (1607-1636) atas permintaan Putroe Phang(Putri Kamaliah). Tinggi bangunan ini 9,5 meter, terdiri atas 3(tiga) tingkat, tingkat pertama terletak diatas tanah dan tingkat tertinggi bermahkota sebuah tiang berdiri dipusat bangunan.

Lokasi

5. Lonceng Cakra Donya

lonceng-cakra-donya-nanggroe-aceh

Bangunan ini dibuat sebagai bentuk kerjasama antara Aceh dan Tiongkok. Lonceng ini pernah dipakai oleh Kerajaan Samudera Pasai sebagai gendering perang melawan pasukan Portugis, kemudian dilanjutkan oleh Kerajaan Aceh Darussalam, Lonceng ini sekarang di simpan di Museuem Aceh Sebagai tanda persahabatan antara Aceh dan China dimasa lalu.

Lokasi

6. Rumoh Aceh

50c4d0ec50234c6c371042b120275a00

Rumoh Aceh (Rumah Aceh) merupakan rumah panggung peninggalan Pahlawan Aceh Cut Nyak Dhien yang sekarang di fungsikan sebagai museuem, sebagai tempat penyimpanan benda-benda bersejarah.

Lokasi

7. Kherkoff Peucut

acehplanet_kerkoff

Sejarah mencatan Kherkoff Peucut merupakan komplek kuburan tentara Belanda terbesar di dunia. Kuburan ini melambangkan bagaimana kegigihan pejuang-pejuang Aceh dalam mempertahankan Negara dan agama serta harkat dan martabat bangsanya dari serangan-serangan musuh.
Lokasi:

8. Pesawat Selawah Agam

Photo by Kemendikbud
Photo by Kemendikbud

Pesawat ini di gunakan oleh RI sebagai sarana tranportasi udara pertama untuk mempercepat kemerdekaan Indonesia dari Belanda. Pesawat ini juga merupakan saksi bisu sejarah kemerdekan Republik Indonesia berkat pengobanan Rakyat Aceh yang sekarang telah di lupakan oleh Pemerintah Indonesia.
Lokasi:

9. Gedung sentral Telepon

13-620x413

Bangunan ini merupakan pusat telepon militer Belanda saat masa perang melawan Aceh. Jaringan teleponnya bisa menembus berbagai kota loh seperti, Ulee lhe, Sabang, Lamno, Meulaboh, seulimum, Sigli, bireun hingga beberapa kota di Sumtera Utara.

Lokasi

10. Tugu Proklamasi

 

2014-04-30-13-19-21

Di tempat ini punya peristiwa bersejarah bagi masyarakat Aceh, yaitu pernah berdirinya Hotel Aceh tempat Presiden Soekarno menginap pada tanggal 16 juni 1948 dan bertemunya penguasa-penguasa Aceh pada masa itu.
Lokasi:

11. Pinto Khop

2256399902_d6a185317f_b

Pinto Khop adalah salah satu peninggalan Sultan Iskandar Muda pada abad ke-16. Cagar budayanya dibangun oleh Sultan Iskandar Muda dengan maksud sebagai pintu penghubung antara taman sari Gunongan yang terletak di bagian belakang halaman.
Lokasi:

12. Taman Sari Gunongan

2015-03-08-10-32-20_deco

Taman ini dibangun khusus sebagai hadiah bagi permaisuri yaitu Putri Pahang (Putroe Phang) pengobat rindu akan kampung halamannya. Putroe Phang adalah seorang putri yang berasasl dari Pahang, salah satu negeri yang pernah ditaklukan oleh Sultan Iskandar Muda.
Lokasi:

Comments

comments