SHARE

Kamu tahu nggak? Indonesia ternyata mempunyai 127 gunung api aktif. Diantaranya 4 gunung punya status siaga dan 17 gunung memiliki status waspda loh. Hal ini terjadi karena Indonesia merupakan bagian dari Cincin Api Pasifik.

Nah yang seperti ini buat kamu yang suka mendaki jangan coba-coba deh. Karena 10 Gunung dibawah bisa meletus dan mengeluarkan lava.

1. Gunung Kelud

DCID1 Gunung Kelud
Photo By KOSWISATA

Siapa yang nggak mau mendaki kalau pemandangannya benar-benar Indah. Tapi jangan coba-coba nekad ya. Gunung disini mererupakan sebuah gunung berapi tergolong aktif yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Tepatnya gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang dengan ketinggian 1.731 mdpl. Tercatat sejak tahun 1000 M, Kelud telah meletus lebih dari 30 kali, dengan letusan terbesar berkekuatan 5 Volcanic Explosivity Index (VEI), dan letusan terakhir Gunung Kelud terjadi pada tahun 2014.

2. Gunung Awu

DCID2 Gunung Awu
Photo via Kompassiana

Gunung ini merupakan gunung stratovolcano dengan ketinggian 1320 mdpl yang terletak di Kepulauan Sangihe. Letusan besar gunung ini pernah terjadi pada tahun-tahun 1711, 1812, 1856, 1892 and 1966 yang menyebabkan lebih 8000 orang tewas. Sampai sekarang gunung ini masih aktif loh.

3. Gunung Kerinci

DCID3 Gunung Kerinci
Photo by Kerincinews

Memang sejuk ketika mata melihat pemandangan yang serba hijau. Seperti di Gunung Kerinci, kamu akan terasa nyaman dan tenang ketika berada disini karena kawasannya masih tergolong asri. Tapi kamu jangan sampai tergoda dengan keindahannya! Gunung berapi tertinggi di Indonesia dengan puncak berada di ketinggian 3.805 mdpl, ini masih aktif dan puncakny tercatat paling tinggi di Indonesia di luar Papua.

4. Gunung Karangetan

DCID4 Gunung Karangetan
Photo by Tempo

Dikenal sebagai Api Siau yang merupakan gunung berapi dengan ketinggian puncak selatan 1.827 mdpl dan puncak utara 1.784 mdpl. Gunung ini terletak di bagian utara Sulawesi Utara, di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro. Gunung berapi aktif ini telah meletus sebanyak lebih dari 40 kali sejak 1675 serta banyak letusan kecil yang tidak tercatat sejarah.

5. Gunung Semeru

DCID5 Gunung Semeru
Photo by Liputan6

Gunung Semeru merupakan gunung berapi paling tinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3. 676 meter dari permukaan laut. Kawah pada puncak Gunung Semeru ini di kenal dengan nama Jonggring Saloko. Semeru memiliki lokasi hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, serta Hutan Ericaceous atau hutan Gunung.

6. Gunung Lokon

DCID 6 Gunung Lokon
Photo by Stefouxxx

Gunung Lokon merupakan sebuah gunung di Kota Tomohon, Propinsi Sulawesi Utara. Gunung ini mempunyai ketinggian 1. 689 mdpl. Pada saat paling akhir meletus pada tahun 2001, beberapa lokasi Kota Manado yang berjarak kurang lebih 25 Km dari gunung itu, di tutupi oleh hujan debu yang mengguyur dikarenakan lantaran tiupan angin. Material debu yang dikeluarkan dari kawah gunung api ini berupa lava pijar serta ketinggiannya diprediksikan meraih 400 meter.

7. Gunung Krakatau

DCID 7 Gung Krakatau
Photo by Blog Aksi Cepat Tanggap

Krakatau merupakan kepulauan vulkanik yang tetap aktif serta berada diselat Sunda pada pulau Jawa serta Sumatera. Gunung berapi ini merupakan gunung yang letusannya paling dasyat. Letusannya bisa menyebabkan awan panas serta tsunami yang bisa menewaskan kurang lebih 36. 000 jiwa.

8. Gunung Sinabung

DCID 8 Gunung Sinabung
Photo By VOAnews

Adalah gunung api di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia. Sinabung bersama Gunung Sibayak di dekatnya adalah dua gunung berapi aktif di Sumatera Utara dan menjadi puncak tertinggi di provinsi itu. Ketinggian gunung ini adalah 2.460 meter. Gunung ini tidak pernah tercatat meletus sejak tahun 1600, tetapi mendadak aktif kembali dengan meletus pada tahun 2010. Letusan terakhir gunung ini terjadi sejak September 2013 dan berlangsung hingga tahun 2015 lalu.

9. Gunung Soputan

DCID 8 Gunung Soputan
Photo By Tribun Manado

ini adalah gunung terakhir yang tergolong aktif sampai detik ini. Gunung berapi yang terletak di provinsi Sulawesi Utara ini, memiliki tinggi 1.784 mdpl. Dalam rentang waktu beberapa tahun sekali tercatat telah terjadi letusan yang cukup sering.

So jangan coba-coba kamu main ke gunung ganas ini ya.

Comments

comments