SHARE

Nama seperti Gojek, Tokopedia, Qraved, Traveloka, dan Qerja sudah tidak asing lagi bagi kita yang sering mencari cara lebih gampang dan praktis untuk melakukan sesuatu. Munculnya banyak usaha-usaha yang ingin merevolusikan semuanya dari transportasi, belanja dan pencarian kerja memang adalah fenomena yang hanya terjadi di perkotaan, dengan banyaknya sumber daya manusia yang mempunyai keahlian khusus dan bisa mempertemukan keahlian tersebut dalam satu tempat yang terus melahirkan innovasi.

Seperti usaha pada lazimnya untuk melanjutkan usaha perlu adanya investor dan juga pelanggan yang banyak, kalau dalam bahasa startup adalah venture capitalist dan user. Dua-duanya diperlukan untuk tetap survive agar bisa tetap terus berjalan bisnisnya. Ajang Localstartup fest diadakan untuk membantu para startup mencari user dengan mengenalkan berbagai jasa yang bisa ditawarkan dengan kemudahan menggunakan aplikasi di handphone.

Aplikasi yang ditawarkan beragam mulai dari aplikasi jasa sekuriti yang menyediakan satpam panggilan, Purwadhika yang menyediakan pendidikan untuk IT enterpreneur, dan juga beberapa startup accelerator yang membantu membangun bisnis startup yang baru mulai dan memberi coaching hingga capital jika startup yang digarap sangat menjanjikan.

Local.co.id selaku event organiser dan juga startup sendiri dibangun sebagai e-commerice platform yang membantu membangun toko online yang juga memberi kemudahan akses ke marketplace lain seperti mataharimall.

Memang booth dan stand yang disediakan di Localstartup-fest ini lebih ditujukan agar membantu startup mencari user baru sebanyak-banyaknya agar acara startup-fest ini bisa didatangi oleh berbagai macam kalangan. Untuk pengunjung yang sedang menjalani startup sendiri ataupun yang ingin memulainya ada acara talk-show yang dibintangi tamu seperti Sandiagra Uno, Shinta Dhanuwardoyo, Hadi Wenas, Natali Ardianto, Aulia E. Marinto dan Keenan Pearce. Para tamu ini datang untuk berbicara tentang usaha yang mereka bangun dan juga berbagai tips dari bagaimana cara memberikan conversion & impression ke pelanggan menggunakan digital advertising sampai dengan cara menghadapi client yang mencuri ide kreatif.

Acara startup-fest ini juga merupakan ajang yang tepat untuk berbicara kepada beberapa CEO startup dan bertanya soal pengalaman mereka membangun usaha sendiri seperti yang diceritakan Mamed, CEO localbrand.co.id yang mengatakan “Jangan mengikuti kata orang lain, tapi berpikirlah sendiri”. Muhammad Sayed sendiri berharap dengan adanya acara localstartup-fest langkah startup selalu maju ke depan dan semakin matang. Ia yakin kebanyakan masalah startup-startup yang baru adalah tidak dilanjutkannya usaha karena kelelahan dan kurangnya startegi tepat untuk terus berlanjut dalam bidang usahanya.

Comments

comments