SHARE

Jalan-Jalan sudah jadi kebutuhana anak muda zaman sekarang. Kejenuhan para pekerja keluar-masuk kantor setiap hari menajadi alasan mereka untuk bisa menikmati berpergian ke tempat-tempat wisata. Perlu suasana baru untuk menenangkan pikiran yang kusut.

Pergi traveling memang memakan waktu dan uang yang banyak dan kamu pasti ingin yang hemat. Lalu bagaimana cara menyiasati untuk meminimalisir uang saat berpergian? berikut tips jalan-jalan murah dan kamu bisa kemana saja

1. Rencana yang matang membantu kamu meminimalisir pengeluaran

DCID 1 Travel dibawah 3jt
Photo by Casa Oxaca

Berjalan-jalan memerlukan perencanaan yang sangat matang, makin baik dan realistis rencananya makin bisa di kendalikan ongkos dan biaya tak terduganya. Kalau kamu nggak melakukan itu, hal ini sering kali muncul saat berpergian. Biaya pertama yang perlu di hitung adalah perjalanan pulang-pergi. Nggak hanya merencanakan transportasi saat disana saja tapi kamu juga harus pikirkan biaya lain seperti pengeluaran hotel dan juga makan ketika liburan. Pergi kemana bukan jadi patokan, kamu juga perlu merencanakan liburan pada musim apa karena terbatasnya jumlah kamar hotel yang sering terjadi adalah kenaikan harga untuk kamar pada musim liburan. Jadi memilih liburan pada waktu dimana orang lain sedang kerja bisa jadi sebuah cara untuk menekan harga.

2. Hindari transportasi umum untuk jarak yang dekat

DCID 2 Travel Dibawah 3jt
Photo by USnews.com

Ya namanya liburan pasti ingin rileks dan nggak capek, untuk kali ini coba lupakan hal tersebut. Kalau kamu mau pergi kesuatu tempat dengan jarak tempuh yang dekat buat apa menghabiskan waktu lama menunggu bus atau membayar mahal untuk transportasi. Yang diperlukan saat berlibur kali ini hanya berjalan kaki dan mengurangi penggunana transportasi dengan jarak yang dekat. Selain kamu bisa meminimalisir keuangan kamu juga dapat inspirasi dan suasana yang berbeda loh. New story, new experience!

3. Pilih kegiatan-kegiatan liburan yang nggak begitu menguras uang

DCID 3 Travel Dibawah 3jt
Photo By KomangJepang

 

Kadang berada di tempat baru sering berpikir perlu membeli oleh-oleh dan suvenir saat pulang. Jangan berpikir membeli suvenir itu mahal. Kita perlu mengingat bahwa suvenir itu bisa juga belanja di tempat yang murah meriah yang memang ditujukan untuk turis berbelanja yang mencari oleh-oleh yang unik namun murah untuk dibagi-bagi.

4. Hati-hati dengan istilah “Tourist Trap”

DCID 4 Travel Dibawah 3jt
Photo By Bbqboy.net

Mungkin yang belum sering jalan-jalan heran mengenai istilah “Tourist Trap” disini. Tourist Trap adalah kegiatan jalan-jalan yang memakan waktu dan pengeluaran yang banyak. Tempat-tempat yang sangat ramai dan menarik bagi turis memang perlu diperhatian lebih.Kamu harus cek keadaan dompet jika ketempat yang ramai oleh turis, karena pasti tempat tersebut menguras uang jajan kamu selama liburan.

5. Jangan lupa bawa keperluan yang dibutuhkan untuk jalan-jalan

DCID 5 Travel Dibawah 3jt
Photo By NorthCountyPublicRadio

Mungkin di dalam benak kebanyakan orang ketika berwisata perlu keperluan lazim seperotu koper, paspor dan duit yang cukup. tapi kadang tidak memikirkan keperluan jalan yang perlu di tempat sana. Contohnya bawa payung supaya nggak basah saat hujan, lensa fisheye untuk selfie di depan tempat wisata dengan pemandangan luas. Kalau kamu nggak mempersiapkannya dan mengandalkan beli ditempat, percaya deh itu akan menambah pengeluaran kamu.

6. Ingat anggaran pengeluaran!

DCID 5 Travel Dibawah 3jt
Photo By SandierPastures.com

Yang paling tidak terduga itu pada saat travelling adalah keinginan lebih, entah itu melihat ada barang yang harganya jauh lebih murah ataupun ada sebuah barang yang sangat menarik hingga harus merogoh kocek lebih untuk membelinya. Ingat traveling ala backpacker memang perlu banyak menahan diri, tapi dengan menahan diri ini kita bisa mengurangi pengeluaran sehingga bisa hemat dan memperbanyak wisata tanpa pusing memikirkan seberapa banyak duit tersisa ketika pulang.

Comments

comments