SHARE

Sebuah bangunan tua akan terlihat biasa jika kamu nggak tahu asal usul ceritanya. Contohnya saja Kota Tua. Dari pengetahuan sejarah mengatakan kalau Kota Tua adalah bangunan bekas penjajahan zaman Belanda yang dulunya adalah pusatnya perdagangan negara maritim. Apa yang membedekan zaman dulu dan sekarang? Ciri khas bangunan dan cerita sejarahnya yang menjadi perbedaan seperti di 15 tempat ini.

1. Menara Air Tirtanadi

Bangunan ini terkenal dengan ikonnya kota medan. Konon katanya Menara Air Titanadi adalah pusat kebutuhan langsung manusia zaman dulu saat penjajahan Belanda. Yang biisa mengkonsumsi air disini pada zaman itu cuma orang bangsawan saja loh nggak semua orang bisa mengambil sumber air disini. Sampai sekarang bangunan ini masih aktif digunakan buat sumber PDAM di kota Medan.

Lokasi

 

2. Kantor Pos Medan

Disini kamu bisa lihat sendiri perbedaan bangunan yang ada di foto atas. Kantor Pos Medan ini di bangun sekitar tahun 1909 yang dimana pada zaman dulu bangunan ini digunakan untuk tempat pengiriman surat sampai saat ini

Lokasi:

3. Istana Maimoon

istanamaimun

Photo by Nevisit

Istana ini merupakan jejak peninggalan pemerintah Kesultanan Deli. Nah bangunan ini punya arti sendiri, dari warna kuningnya di artikan menjadi warna kebasaran warga melayu.

Lokasi:

4. Gedung London Sumatera

gedunglondon

Photo by Medantempoe

Gedung ini punya sejarah peninggalan kolonial Belanda. Gedung ini dibangun bersamaan dengan kelahiran Ratu Juliana yang berasal dari Belanda. Sekarang Gedung ini berfungsi sebagai gedung perkantoran.

Lokasi: 

5. Majid Raya Al-Mashun

masjidrayamashun

Photo by 5antri

Masjid ini usianya 100 Abad loh gengs. Ceritanya, bangunan ini dibangun dengan gaya Timur Tengah , India dan Eropa dan memiliki gaya arsitektur yang antik. Kamu bisa menemukan banyak ornamen kaligrafi sebagai desain interior utamanya.

Lokasi:

6. Bank Indonesia Medan

bankindonesiamedan

dc - TS - medan - 2016
Photo by Haridanbama

Bukan cuma Jakarta yang punya Bank Indonesia dengan desain old-school Medan juga punya kok. Bank Indonesia Medan katanya dulu dioperasikan sebagai pusat Bank Belanda, tapi Indonesia berhasil merebutnya saat kemerdaan. Usut punya usut nih, di Bank ini punya Jam besar berbentuk bulat dan jam tersebut hilang. Mistis sekali!

Lokasi:

Comments

comments