SHARE
DCID - Hari Buku Nasional - FI

Buku merupakan jendela paling gampang untuk melihat dunia, dari semangat kemerdekaan Bung Karno hingga dunia fiksi Harry Potter. Nah walaupun semakin hari makin banyak buku yang diterbitkan dengan harga yang murah, tapi entah kenapa semangat untuk membaca Bangsa Indonesia tidak begitu besar, padahal banyak buku karya bangsa sendiri yang sangat populer hingga dibaca mancanegara, Mari Kita Lihat Buku-buku populer karya anak bangsa sendiri, siapa tahu ada yang belum dibaca:

    1. 1. Bumi Manusia- Pramoedya Ananta Toer
DCID 1 Novel Populer Karya Anak Bangsa
Image By Goodreads.com

Buku yang ditulis oleh Pramodeya Ananta Toer ini menceritakan tentang Minke keturunun bangsawan yang menjadi siswa Hogere Berger School di zaman hanya orang belanda yang bisa mendapatkan pendidikan setingkat. Buku ini menceritakan ketidakadilan hidup di massa penjajahan Belanda, dimana darah eropa menentukan derajat sosial seseorang dan pentingnya pendidikan untuk merubah takdir seseorang.

2. Laskar Pelangi- Andrea Hirata

Buku yang telah diangkat jadi film dan serial ini menceritakan tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah di sekolah muhamadiyah di Belitung dengan segala keterbatasan yang ada dari jumlah siswa yang sangat sedikit hingga cerita menghiraukan terancamnya satu anak putus sekolah hanya karena ayahnya meninggal dunia.

3. Negeri 5 Menara-Ahmad Fuadi

DCID 3 Novel Populer Karya Anak Bangsa
Image By Goodreads.com

Negeri 5 menara ini tentang kehidupan 6 sahabat yang bersekolah di Pondok Madani Ponorogo Jawa Timur, yang dipersatukan oleh hukuman jewer berantai. Buku ini menceritakan keakraban dan kegemaran mereka yaitu duduk dibawah menara.

4. Supernova- Dee Lestari

DCID 4 Novel Populer Karya Anak Bangsa
Image by Nyozee.com

Buku pertama serial ini menceritakan tentang pertemuan Reuben dan Dimas yang menuliskan cerita tentang Kesatria, Putri dan Bintang jatuh, dan berceritakan tentang “SuperNova” yaitu organisasi gelap yang terdiri dari orang yang menginginkan hidup seperti semestinya.

5. Saman- Ayu Utami

Buku garapan Ayu Utami ini menceritakan tentang pencarian tempat agama dan spiritualitas di kehidupan sehari-hari. eksplorasi seru seksualitas perempuan hingga cinta dalam segala bentuk, dan juga menceritakan segala tabu Indonesia dari hubungan luar nikah, represi politik, dan hubungan antara Kristen dan Islam.

6. Sabtu Bersama Bapak- Adhitya Mulya

DCID 6 Novel Populer Karya Bangsa
Photo By Goodreads.com

Buku ini menceritakan tentang keluarga yang bapaknya mempunyai hanya satu tahun untuk hidup, sehingga kedua anaknya menemani bapaknya setiap hari sabtu. Hingga bapaknya meninggal, dan kemudian berlanjut ke kehidupan sisa keluarga hingga sang ibu pun kena penyakit juga namun menyembunyikannya dari anak demi kebahagiaan keluarga.

7. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk- Hamka

Novel Roman ini sering dibicarakan sebagai karya terbaik Buya Hamka. dimulai dari awalnya yang terbentuk sebagai cerita bersambung di majalah Pedoman Masyarakat, yang sampai saat ini sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa. Tema cerita yang diangkat sangat kental dengan budaya Minangkabau. Menampilkan keelokan alam dan budaya minang, serta kritik Buya Hamka dengan berbagai praktik budaya yang dianggap tidak lagi relevan dengan perkembangan zaman.

8. Hafalan Shalat Delisa- Tere Liye

DCID 8 Novel Populer Karya Anak Bangsa
Photo By Bukukita.com

Buku karya Tere Liye ini menceritakan tentang bocah perempuan berumur 6 tahun periang bernama Delisa. Cerita pun berlanjut langsung setelah tsunami tentang bagaimana Delisa bermimpi ketika ia pingsan, dan bagaimana ia diselamatkan oleh seorang prajurit amerika dan kemudian bertemu dengan keluarga yang tersisa dari tsunami.

9. Ayah- Andrea Hirata

DCID 9 Novel Populer Karya Anak Bangsa
Photo By refrensibukubagus.com

buku ini bercerita tentang Sabari dari awal massa sekolahnya hingga ia bekerja di pabrik batako, Sejak SMA Sabari jatuh cinta dengan Lena sampai ia membuat puisi yang dikasih ke Lena, Cerita kemudian berlanjut ketika Lena hamil diluar nikah, dan Sabari rela menikahinya. Karena kecintaannya sama anaknya sangat besar, dia berkhayal ingin mengunjungi pasar malam, datang ke upacara dan berbagai aktifitas lainnya dengan anaknya.

Comments

comments