SHARE
Sumber: TripTrus.com

Indonesia memang memiliki banyak keanekaragaman wisata dapat di eksplore. Banyak keindahan dan kekayaan alam yang dimiliki dan dapat dijadikan tujuan wisata, tentunya tidak kalah menakjubkan dengan keindahan alam yang ditawarkan negara lain. Karena dataran Indonesian yang terdiri dari permukaan daratan yang bervariasi, yaitu pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi dan juga menempati dua lapisan lempeng benua yang berbeda, yaitu Lempeng Benua Asia di kawasan Barat dan Lempeng Benua Australia di kawasan Timur. Maka tidak heran jika banyak terdapat gunung berapi atau pegunungan di Indonesia.

Sumber: kompasiana.com

Salah satunya adalah Pegunungan Kapur (Kars) Ramang-Ramang, Maros yang terletak di desa yang Namanya juga serupa yaitu Ramang-Ramang, Maros, Sulawesi selatan. Nama ‘Ramang-Ramang’ berasal dari Bahasa Makassar yang berarti awan atau kabut. Pegunungan kapur ini dinobatkan menjadi gunung kapur terbesar ke- 3 di Dunia setelah Tsingy di Madagaskar dan Shilin di China.

Sumber: Piterest.com

Luas dari areal pegunungan ini sekitar 45000 hektar. Tak hanya menawarkan kemegahan Kars Maros ada beberapa destinasi wisata yang tidak kalah cantik juga disekitar pegununga seperti Sungai Pute, Telaga Bidari, Batu Kingkong, dan jejak misterius goa di sekitar Telaga bidari. Jika memiliki rencana untuk berlibur ke Makassar, jarak Kars Maros ini ialah 40 km dari Kota Makassar, dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Untuk biaya, jika pengunjung ingin menjelajahi kawasan wisata sekitar maka dapat menyewa perahu kayu dengan harga Rp 200.000.

Comments

comments