SHARE

Dieng merupakan kawasan wisata yang berlokasi di Wonosobo, Jawa Tengah. Destinasi wisata dataran tinggi di Indonesia ini mempunyai pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Adapun destinasi yang bisa kamu explore diantaranya Telaga Warna, Gunung Prau, Bukit Sikunir, Kawah Sikidang, Sumur Jalatunda, Candi Bima, Candi Gatotkaca, Air Terjun Sikarim dan masih banyak lagi.

Sumber: diengfuntrip.com

Selain destinasi tersebut, ada hal unik yang tidak boleh kamu lewatkan jika kamu berkunjung ke Dieng. Fenomena anak rambut gimbal Dieng, pasti sudah bukan hal yang asing untuk sebagian orang. Karena setiap kata Dieng disebutkan pasti selalu dikaitkan dengan rambut gimbal. Rambut gimbal anak Dieng tentunya berbeda dengan rambut Bob Marley atau Mbah Surip. Rambut mereka terbentuk secara alami.

Sumber: Adventuretravel.com

Mengutip dari teamturing.net rambut gimbal pada anak di Dieng bukan disebabkan oleh faktor genetik. Fenomena ini dipercayai merupakan titisan dari Kyai Kolodete. Untuk menghilangkan rambut gimbal ada sebuah ritual potong rambut gimbal yang sangat sakral.

Sumber: liburseru.com

Menariknya, untuk memenuhi persyatan prosesi potong rambut, permintaan aneh dari anak gimbal harus dipenuhi oleh orang tua. Konon jika tidak dipenuhi  anak ini akan sakit. Aneh tapi nyata, prosesi ini hanya ada di Indonesia khususnya Dieng.

Comments

comments