SHARE

Momen pergantian tahun selalu diartikan sebagai peristiwa penting bagi setiap orang di berbagai Negara. Ada cara atau perayaan secara khusus untuk menyambutnya dengan bentuk yang berbeda-beda, dari yang biasa hingga paling aneh dan unik. Jika pada umumnya tahun baru dirayakan dengan cara menikmati kembang api, dan berkumpul dengan keluarga atau sahabat berbeda dengan beberapa Negara di belahan dunia. Ada banyak cara aneh untuk merayakan malam tahun baru di berbagai belahan dunia. Berikut tradisi aneh dalam merayakan tahun baru di 5 Negara.

1. Memecahkan Piring di Pintu Teman – Denmark

Sumber: Emotionallynaked.com

Di Denmark setiap orang akan mengumpulkan piring sampai dengan sebelum pergantian tahun, ketika tahun baru suddah berganti maka mereka mukai untuk memecahkan piring disetiap peintu sahabat atau kerabat mereka. Normalnya, kita membenci pecahan beling yang berserakan, apalagi dengan tujuan yang  sudah di rencanakan. Namun, pada tradisi ini semakin banyak pecahan beling pada depan pintu, makin bahagialah mereka. Karena masyarakat percaya bahwa dengan makin banyaknya pecahan beling maka makin banyak keberuntungan.

  1. Celana Dalam Warna-Warni di Meksiko.

Sumber: Esquere.com

Warna celana dalam yang dikenakan yang dikenakan oleh wanita pada perayaan tahun baru di Meksiko akan menjadi pembicaraan yang hangat. Hal ini dikarenakan para wanita akan memilih warna secara khusus pakaian dalam mereka untuk perayaan tahun baru. Setiap warna memiliki arti yang berbeda, dan setiap arti dari warna tersebut merupakan harapan yang mereka inginkan di tahun mendatang . Contohnya putih berarti kesehatan, merah asmara, kuning kekayaan dll.

  1. Merayakan tahun baru di pemakaman, Chille

Sumber: Orangeumbrella.pl

Masyarakat Chile merayakan pergantuan tahun baru dengan cara berkemah di pemakaman. Umumnya mereka berkemah disekitar makam keluarga yang sudah meninggal. Seluruh masyarakat be rkumpul dengan dikelilingi musik dan diiringi dengan musik klasik sebagai cara menunggu detik-detik pergantian tahun. Hiiiih coba bayangin kalo tradisi ini dipraktekan di Indonesia…

  1. Membakar orang-orangan sawah, Ekuador

Sumber: keuniku.blogspot.co.id

Warga Ekuador merayakan pergantian tahun dengan api. Mereka membakar orang-orangan sawah tepat pada pukul 00:00 waktu setempat disetiap rumah. Hal ini diyakini dengan membakar orang-orangan sawah maka segala sesuatu yang buruk juga akan ikut musnah terbakar, membuang sial dan berharap pada tahun selanjutnya hidup akan lebih beruntung.

  1. 108 Dentang Lonceng, Jepang

Sumber: MencatatJepang.com

Pada perhitungan detik detik pergantian tahun, normaknya lonceng atau jam akan menghitung mundur 12 kali sehingga bertepatan dengan waktu jam 12 malam. Uniknya di Jepang, Lonceng-lonceng berukuran besar disejumlah kuil akan dibunyikan sebanyak 108 kali hingga tepat pada malam pergantian tahun. Hal ini dipercayai untuk mengusir roh jahat dan dosa manusia, sehingga menjelang tahun baru semua manusia akan kembali suci dan terhindar dari sial.

Comments

comments