SHARE

Urban exploration adalah hobi eksplorasi tempat yang susah diakses atau bangunan yang sudah terbengkalai di tengah kota. tidak kayak kebanyakan foto-foto tempat wisata di Instagram, bagi kaum Urban explorer sebuah pagar ataupun penjaga bukan sebuah halangan untuk mengunjungi bahkan sampai memasuki beberapa tempat tanpa izin.

 

Nah walaupun dilakukan tanpa izin dan melanggar aturan, hampir semua urban explorer memiliki sebuah aturan yaitu “Take Nothing But Photographs, Leave Nothing But Footprints” yang membedakan para urban explorer dengan aksi vandalisme, atau perbuatan destruktif lainnya.

 

Dengan banyaknya gedung yang kosong di tengah kota kebanyakan urban explorer mengunjungi gedung-gedung kosong tertinggal, sampai memanjat diatas gedung tinggi ataupun terowongan bawah tanah yang biasa digunakan untuk aliran air rembesan hujan, Tapi tidak cuma itu aja loh, ada juga beberapa bangkai pesawat lama yang ditinggal dan juga bekas theme park yang tidak pernah dipakai. Tetapi walaupun sering menghadapi bahaya mereka tetap menggunakan azas mengataskan safety seperti jangan mengunjungi tempat-tempat berbahaya seperti memanjat tower tinggi ataupun untuk tidak mendatangi terowongan dan selokan ketika dan setelah hujan agar tidak terhanyut oleh arus yang deras. Selain itu juga ada banyak aturan lain seperti untuk tidak datang ke lokasi proyek konstruksi ataupun datang ke area pasca bencana.

 

Lalu seperti apa aja kota-kota yang asik untuk Urban Exploration? Simak yuk:

1. Berlin:

DCID 1 Urban Exploration
Image By AwayPlan.com

Kota Jerman yang sangat bersejarah ini penuh dengan bangunan kuno dari jaman perang dunia dua seperti bekas rumah sakit Beelitz Sanatorium yang dikenal sangat angker, bekas rumah sakit yang ditinggalkan pada zaman perang dunia II ini dikenal sebagai tempatnya Adolf Hitler dirawat setelah dia luka pada perang dunia I.

DCID 2 Urban Exploration
Photo by AbandonedBerlin

Selain itu ada juga sebuah taman atraksi dinamakan Spreepark Planterwald lengkap dengan Ferris wheel, Patung Dinosarus dan juga beberapa atraksi lainnya yang tentu sudah ada banyak tanaman yang tumbuh diatas atraksi-atraksi bekas taman atraksi. Selain itu masih ada juga lahan bekas stadium Olimpiade 1936 yang menjadikan Berlin kota yang paling asik bagi Urban Explorers yang sangat menghargai sejarah.

 

2.Brussels:

DCID 3 Urban Exploration
Photo By LoveTheSepics

Ibukota negara Belgium yang terletak diantara Perancis, Belanda dan Jerman ini juga sangat sarat dengan sejarah dan penuh dengan tempat-tempat makan bersejarah namun sudah terlupakan. Atraksi utama bagi urban explorers disini adalah Abandoned Crypt di Leaken. Memiliki tiga terowongan bawah tanah yang mengikuti jalan setapak diatasnya. Terowongan diisi penuh dengan berbagai ruang kecil bawah tanah yang digunakan sebagai tempat kubur penduduk Belgium dari ratusan tahun yang lalu. Namun karena lokasinya dibawah tanah dan juga banyaknya memorial dan patung dan juga berbagai kisah hantu yang menjelma.

DCID 4 Urban Exploration
Photo By reismeemet.arjanmulder.nl

Selain Crypt ada juga Fort De Chartreuse di Liege, sebuah benteng yang awalnya dibuat untuk pertahanan Belanda pada tahun 1823, yang kemudian dijadikan tempat pelatihan tentara Belgium, penjara di tengah perang dunia 2 dan kemudian rumah sakit setelah para tentara sekutu menang pada akhir perang. Namun sekarang Komplek benteng ini dibiarkan ke alam bebas yang sekarang telah mengambilnya kembali. Ada juga Hasard Collieries, bekas tempat tambang batu bara dan menjadi daya tarik sendiri bagi yang penasaran dengan cara penambang batu bara bekerja pada jaman industrial.

 

3. Denver

DCID 5 Urban Exploration
Photo By Bizarbin.com

Ngga seperti kota lainnya yang mempunyai sisa-sisa peradaban sebagai daya tarik, Di kota denver sebuah bandara yang masih aktif dipakai tapi masih menjadi sebuah tempat wisata bagi urban explorer. Denver airport merupakan bandara dengan berbagai pilihan desain yang aneh dan lokasi yang tidak strategis, oleh karena itu bandara ini diisi penuh dengan berbagai teori konspirasi. Di bawahnya ada sistem terowongan bawah tanah yang dulunya dipakai buat sistem bagasi yang dulunya canggih tapi gagal. Sekarang terowongan dibawah tanah kini tidak pernah dipakai dan menjadi salah satu destinasi urban explorers yang sangat bahaya karena banyaknya penjaga bandara, namun walaupun tanpa mengunjungi terowongan ini masih banyak mural dan galeri wisata dengan desain yang aneh dan nyentrik dan membangun teori-teori konspirasi di area publik bandara.

DCID 5 Urban Exploration
Photo By Royal Mountain Collegian

Selain bandara Denver, masih banyak tempat yang menjadi atraksi para urban explorer seperti beberapa silo rudal bekas yang membentuk jaringan bawah tanah dan juga menara bekas bandara Stapleton, salah satunya bekas bandara pendahulu bandara denver.

 

4. Paris

DCID 4 Urban Exploration
Photo By Headout.com

Ibukota Perancis ini didirikan diatas terowongan-terowongan penambang batu bara, inilah alasan utama kenapa sang Eiffel Tower bisa berdiri sebagai bangunan tertinggi di Paris. Tapi ketika para turis-turis mainstream datang untuk berfoto-foto dan menjunjukkan kesuksesan mereka dengan berfoto atau nge-vlog di depan Eiffel tower, para urban explorer pergi ke bawah tanah mengenal melihat kumpulan tulang belulang di tempat yang disebut “Catacombs of Paris”. Ceritanya dulu karena banyaknya kuburan di daerah itu para rakyat Paris akhirnya memindahkan berbagai tulang ke dalam bekas tambang batu bara ini.

DCID 4 Urban Exploration
Photo By “Oubliés” par Lô

Selain Catacombs ada juga Château Bijou, di bagian selatan Perancis ada Kastil tua yang menerapkan banyak desain dari Spanyol yang membuatnya sangat unik.

 

5.London

Ibukota inggris ini sangat penuh sejarah, dari jaman romawi hingga hampir hancurnya kota ini pada perang dunia II. Atraksi utama urban explorer di Kota London ini menyediakan tour London Underground dari beberapa track kereta yang tidak terpakai, ada satu stasiun bekas stasiun bawah tanah yang masih menyimpan kenangan saat stasiun itu jadi bunker bawah tanah pada perang dunia II , dan juga stasiun yang sering dipakai jadi set perfilman yaitu Aldwych station. Tapi ada juga beberapa track dan rel kereta yang masih aktif yang mengular diantara rel kereta yang tidak dipakai jadi harap sangat berhati-hati dan hanya memakai tour untuk datang ke bawah tanah London.

 

 

Comments

comments