SHARE

Nggak kerasa, sebentar lagi mau lebaran nih . Kira-kira apa saja yang kamu sudah persiapkan? Baju baru? Sepatu? Sendal? Kue kering? Pasti jawabannya sudah.

Nah ternyata, nggak cuma di Indonesia saja loh yang merayakan Hari Raya Idul Fitri. Ada negara lain seperti Tiongkok, Pakistan, Mesir dan lainnya juga merayakan Hari Besar Islam ini. Nggak cuma merayakannya, tapi mereka juga membuat hidanga tradisi khusus untuk lebaran disetiap masing-masing negara seperti dibwah ini.

1. Sup Mie La Mian (Tiongkok)

DCID 1 Hidangan Lebaran
Photo By ImperialLamian.com

Umat muslim yang tinggal di Tiongkok biasanya menyambut dan merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan hidangan khas mereka, seperti Sup Mie La Mian di atas. Menu mie dengan kuah kaldu ini  terasa segar dan cocok banget untuk dinikmati bareng keluarga. Duh jadi pengen coba ya!

2. Sheer Kurma (Pakistan)

DCID 2 Makanan Lebaran
Photo by Veg Recipes of India

Kalau Tiongkok punya Sup Mie La Mian, Pakistan punya Sheer Kurma alias puding kurma yang menjadi hidangan khas saat lebaran. Sheer kurma ini memiliki arti kurma susu dalam bahasa Urdu. Jadi, sajian puding ini dibuat dengan bahan vermicelli noodles.

3. Kahk (Mesir)

DCID 3 Makanan Lebaran
Photo By KenwoodWorld.com

Kahk merupaka hidangan khas lebaran dari Mesir. Menu ini adalah semacam kue yang berisi kacang dan ditaburkan tepung gula halus. Katanya resep kue ini sudah ada dari zaman Mesir Kuno. Wah nggak kebayang resep kuni bisa menjadi menu tradisi menu hidangan di hari raya besar umat islam.

4. Bastilla Ayam (Maroko)

DCID 4 Makanan Lebaran
Photo by Sweet Morris

Umat muslim di Maroko juga memiliki hidangan khas saat lebaran yaitu bastilla ayam. Hidangan ini merupakan kue yang berbahan dasar ayam. Nggak cuma itu, mereka juga menyediakan Meloui, cemilan berbahan terigu, gula, garam, dan ragi. Ada juga ada hidangan Tagine, semur daging domba atau ayam. Wah lengkap banget deh!

5. Gulha (Maladewa)

DCID 5 Makanan Lebaran
Photo By TravelingEast.com

Gulha adalah hidangan khas yang disajikan umat muslim di Maladewa saat idul fitri. Gulha merupakan cemilan berbahan dasar olahan ikan yang dibentuk seperti bola-bola. Katanya sih hampir mirip seperti bakso. Adapun makanan utama khas Maladewa saat lebaran adalah Kulhi boakibaa, yakni makanan yang terbuat dari nasi dan ikan tuna.

6. Italian Vegetarian Pasta (Amerika Serikat)

DCID 6 Makanan Lebaran
Photo By BBCGoodFood.com

Tau nggak? Ternyata nih negara berkembang yang paling kece seperti Amerika Serikat juga punya hidangan khas saat lebaran loh. “Italian Vegetarian Pasta”. Biasanya, umat muslim di sana membuat hidangan tersebut secara bersama dan disantapnya pun bersama-sama. Mantap!

7. Opor Ayam (Indonesia)

DCID 7 Makanan Lebaran
Photo By CosmopolitanFM

Nah, yang terakhir tahu dong dari negara mana? Yup, negara kita tercinta, Indonesia. Pastinya, hampir setiap tahun, makanan ini nongol saat hari raya idul fitri. Opor ayam dan ketupat, menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Dan hidangan khas ini menjadi makanan yang paling kita rindukan saat lebaran. Bukan cuma opor ayam, pasti kamu juga merindukan dimana ada balado kentang ati dan kerupuk yang bikin mulut kamu nggak berhenti ngunyah.. woaaaaahhh jadi ngiler nih!

Comments

comments