SHARE

360travellingramen

Bicara ramen, siapa sih yang nggak tau ramen? Ramen adalah mi yang berbentuk besar dari negara Jepang loh.

Menurut catatan sejarah Tokugawa Mitsukuni (Mito Komon) sering disebut sebagai orang Jepang yang pertama kali makan ramen. Masakan mi kuah ala Cina pertama kali ini dihidangkan untuk Tokugawa Mitsukuni. Pembuatnya adalah seorang ilmuwan Konghucu dalam pengasingan dari Dinasti Ming yang diundang untuk datang ke Domain Mito. Dulu mi ramen yang dikenal hanya dengan sebutan Shinna Soba di Cina. Pada tahun 1950 Shinna Soba dirubah namanya menjadi Chhukka soba karena Shinna Soba dianggap sebagai simbol penghinaan rasis yang mengerikan. Chukka Soba asal Tiongkok ini dibuat menggunakan air danau asin tepatnya dipedalaman Mongolia yang bernama Danau Kan.

Seiring waktu berjalan, ramen sudah masuk ke dalam menu berbagai rumah makan di kawasan permukiman keturunan Tionghoa di Kobe dan Yokohama. Penjual mi di Hokkaido sudah menjual ramen yang sering dikenal orang-orang. Di Jepang, mi kuah umumnya terdapat dua rasa yaitu miso dan shio.

 

Shina Soba Ramen Zaman dulu

Photo by kawaiikakkoiisugoi

Ramen mulai terkenal di Jepang ketika masuk tahun 2000 karena orang Jepang terlalu sering menyebut ramen sampai saat ini mie tersebut terkenal dengan nama ramen.

Itu sebabnya ramen terbuat dari air danau.

[metaslider id=336]

Comments

comments