SHARE

Bagi sebagian orang, berusaha untuk menemukan tujuan hidup mereka merupakan pencarian yang panjang, dan penuh lika liku. Ada yang santai mengikuti alur saja atau yang biasa disebut ‘let it flow’ , ketika mereka gagal, mereka merasa putus asa dengan mudahnya. Ada juga yang sudah berada di zona nyaman dengan pekerjaannya, tidak peduli dengan kenaikan pangkat dan status. Dilihat dari dua kasus tersebut, akan susah mencapai tujuan hidup yang sukses. Seorang individu yang tidak memiliki tujuan dalam hidupnya, ternyata berdampak  bagi kesehatan juga loh. Satu studi internasional menemukan bahwa orang yang mempunyai tujuan hidup berisiko lebih rendah terhadap kematian dan penyakit jantung. Mengapa? Periset menemukan bahwa mereka yang merasa memiliki tujuan seringkali memiliki gaya hidup yang lebih sehat. Mereka lebih termotivasi dan tangguh, yang melindungi mereka dari stres dan kelelahan.

Image result for ikigai japan

sumber: ikigaijapan.com

Jika kamu merasa belum memiliki tujuan hidup, maka konsep ikigai dari Jepang dapat diterapkan. Mengutip dari business insider (09/17) Ikigai merupakan kombinasi dari kata ikiru yang berarti “untuk hidup”, dan kai yang artinya “realisasi harapan seseorang”. Jika digabungkan, kedua kata itu membentuk konsep “alasan untuk hidup” atau ‘memiliki tujuan dalam hidup”. Banyak orang menjadikan sebagai cara untuk hidup lebih baik dan berumur panjang.

Image result for success and happiness

Sumber: onecentatatime.com

Diyakini jika seseorang telah menemukan ikigainya, maka hidupnya akan lebih terarah dan tahu apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuannya. Dengan memiliki ikigai, hidup seseorang akan jauh lebih bermakna, karena memiliki sesuatu yang harus diperjuangkan dalam hidupnya. Lalu adakah cara untuk menenmukan dan menerapkan Ikigai? Untuk menemukan Ikigai para ahli menyarankan untuk memberi empat pertanyaan kepad diri sendiri yaitu

  1. Apa yang saya suka?
  2. Apa yang bisa saya lakukan dengan baik?
  3. Apakah kemampuan saya layak mendapat bayaran?
  4. Apakah yang dibutuhkkan dunia dari saya?

Related image

Jika dapat menjawab pertanyaan tersebut maka ikigai-pun dapat ditemukan dan diterapkan. ikigai bisa berubah seiring perkembangan usia. Seseorang yang menjadikan karier sebagai tujuan hidup, akan mencapai kepuasannya saat pensiun nanti. Selanjutnya, ia akan mencari ikigai baru.

Comments

comments